Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Untuk Liburan Sekolah

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Untuk Liburan Sekolah

Libur sekolah menjadi salah satu momen yang biasa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama dengan anak dan keluarga. Momen ini juga dapat menjadi ajang untuk merayakan pencapaian/kerja keras anak selama belajar di sekolah. Oleh karenanya, pastikan orang tua memberikan kesempatan kepada anaknya untuk barang sejenak melepas penat dengan berwisata. Namun, bagi orang tua yang ingin liburan anaknya lebih berbobot dan bermanfaat maka mengunjungi tempat wisata edukasi dapat menjadi pilihannya. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat rekreasi edukasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

 

Taman Pintar, Yogyakarta

Taman Pintar ini menjadi salah satu rekreasi edukasi terlengkap di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Tempat rekreasi edukasi ini berada di Kota Pelajar, Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, kawasan Benteng Vredeburg, Ngupasan, Gondomanan. Tempat wisata ini dapat Anda kunjungi pada hari Selasa sampai dengan Minggu pada jam 09:00 hingga 16:00 WIB.

Di Taman Pintar ini terdapat berbagai macam fasilitas rekreasi, mulai dari permainan edukatif, hingga alat-alat peraga IPTEK. Lingkup studi yang dihadirkan pun sangat beragam mulai dari sains, teknologi, seni, dan budaya dapat dipelajari dengan cara menyenangkan di Taman PIntar ini.

Bagi anak yang memiliki minat terhadap ilmu sains dasar seperti fisika, astronomi, biologi, dan geologi, maka dapat memasuki Gedung Oval. Sementara itu, jika anak Anda menaruh minat pada ranah sains dan teknologi maka lebih cocok untuk masuk ke Gedung Kotak. Jika anak Anda lebih memiliki minat pada konteks seni maka dapat mengunjungi wahana Kampung Kerajinan dan Zona Budaya. Sementara itu, bagi anak-anak usia dini juga tersedia playground dan Gedung PAUD. 

Tidak hanya itu saja, Taman Pintar juga secara khusus memiliki wahana Planetarium, dan Science Theater. Taman Pintar juga memiliki wahana khusus Dinosaurus lengkap dengan teater 4D-nya. Taman Pintar juga memiliki perpustakaan yang memuat berbagai macam ensiklopedia.

Taman Pintar memiliki tiket masuk yang berbeda untuk setiap wahananya. Tarif tiket masuk untuk pengunjung usia anak-anak mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 22.000 saja. Sedangkan untuk pengunjung dewasa, tarif wahananya mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 25.000 saja. Sementara itu, jika ingin menikmati program kreativitas maka dapat merogoh kocek mulai dari Rp. 13.000 sampai Rp. 45.000. 

 

Situs Purbakala Sangiran, Sragen

Rekomendasi tempat rekreasi pendidikan berikutnya adalah Situs Purbakala Sangiran. Situs purbakala ini mencakup wilayah seluas 56 km² di Kabupaten Sragen yang meliputi tiga kecamatan diantaranya Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh setra di Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Gondangrejo. Situs Purbakala Sangiran ini telah diakui oleh UNESCO sebagai situs terpenting untuk mempelajari fosil manusia.

Anda dapat mengunjungi Museum Purbakala Sangiran setiap hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB. Tarif tiket masuk tempat wisata ini sendiri area rekreasi edukasi ini mulai dari Rp. 5.000 saja. Dan dengan harga tersebut Anda dapat memperoleh pengetahuan yang komplit mulai dari Antropologi, Arkeologi, Geologi, dan Paleontologi.

Situs Purbakala ini sangat cocok bagi anak yang memiliki minat terhadap arkeologi. Mengingat di Museum ini banyak dijumpai fosil manusia dan binatang purba. Tidak hanya itu, di lokasi ini juga banyak dijumpai berbagai batuan seperti kapak perimbas, kapak penetak, bola batu, alat serpih, gurdi, serut, dan lain sebagainya.

 

Museum Candi Prambanan, Klaten

Masih dengan rekreasi edukasi sejarah, rekomendasi berikutnya jatuh pada Museum Candi Prambanan. Museum ini terletak di kompleks Candi Prambanan, yang beralamatkan di Jalan Candi Sewu Nomor 26, Tlogo. Tempat rekreasi edukasi ini buka setiap hari dengan jam operasional 12 jam yakni mulai pukul 06:00 sampai 18:00 WIB. Untuk tarif tiket masuknya sendiri adalah Rp 30.000.

Museum  ini menyimpan berbagai macam benda peninggalan jaman dahulu seperti dua buah arca dwarapala. Pengunjung juga dapat melihat koleksi arca batu lainnya di Museum ini, seperti Ganesha, Wisnu, Nandi, dan Brahma. Selain itu, Museum ini juga menampilkan proses pembuatan relief yang ada pada Candi Siwa (yang ada di Prambanan). Tidak hanya itu, museum ini juga mengabadikan tampilan candi dari masa ke masa. 

 

The Bagong Adventure Museum Tubuh, Malang

Tempat rekreasi edukasi berikutnya adalah The Bagong Adventure Museum Tubuh. Wisata edukasi ini berada di Jalan Kartika Nomor 2, Sisir, Batu dan berada satu lokasi dengan Jatim Park 1. Anda dapat mengunjungi tempat rekreasi ini setiap hari mulai pukul 08:30 sampai dengan 16:30. Tarif masuk wahana ini mulai dari Rp 40.000 di hari kerja dan Rp 60.000 saat weekend.

The Bagong Adventure ini memiliki konsep yang sangat menarik, yakni dengan menampilkan anatomi tubuh manusia. Tampilan eksterior tempat wisata ini sendiri sudah sangat menarik perhatian yakni dengan menampilkan kepala salah satu tokoh pewayangan yaitu Bagong. Seperti namanya, Museum Tubuh ini memiliki fasilitas multimedia anatomi manusia yang terbagi ke dalam 16 zona. Zona tersebut diantaranya ada Gigi, Mulut, Telinga, Hidung,  Mata, Otak, Jantung, Hati, Paru-paru, Pembuluh Darah, Tulang, Lambung, Usus Besar, Usus Halus, dan beberapa zona lainnya.

Museum Tubuh ini akan memberikan pengalaman kepada pengunjung seakan-akan masuk ke dalam organ tubuh manusia. Tempat wisata ini tentunya sangat membantu anak dalam mengenali anggota tubuhnya dengan cara yang menyenangkan. Menariknya, tidak hanya berwisata, Anda juga dapat menikmati layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis di zona The Value Adventure. Medical check up yang tersedia mulai dari cek gula darah, asam urat, kolesterol, lemak tubuh, osteoporosis, hingga periksa mata, seluruhnya gratis bagi para pengunjung The Bagong Adventure.

 

Baca juga: Sewa Daihatsu Ayla di Naba Transport

Sea World Ancol, Jakarta

Apabila anak Anda memiliki ketertarikan dengan biota laut maka dapat datang ke tunnel aquarium. Salah satu yang dapat Anda kunjungi adalah Sea World Ancol yang berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Anda dan keluarga dapat mengunjungi tunnel aquarium ini setiap harinya pukul 09:30 hingga jam 16:30 WIB. Tarif untuk memasuki wahana edukasi ini mulai dari Rp 110.000 sampai dengan Rp. 130.000.

Tunnel aquarium ini menampilkan berbagai jenis hewan air. Sea World setidaknya memiliki sekitar 11.500 biota air laut yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, dan 3 reptil laut. Tidak hanya itu, di tempat wisata ini juga dapat dijumpai 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan 1 reptil. Tidak hanya biota hidup, di Sea World tersedia hewan laut awetan seperti Raja Laut Coelacanth yang termasuk ikan purba.

Beragam jenis ikan yang ada di Sea World ini akan ditampilkan dalam 28 display meliputi 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka. Sea World juga memiliki wahana baru seperti truck aquarium, dan digital gallery. Di Sea World Anda juga dapat menikmati aksi dua penyelam di dalam akuarium raksasa. Anda juga dapat menikmati pengalaman menyelam di akuarium raksasa dan berenang bersama dengan ikan-ikan.

 

Kidzania, Jakarta

Opsi rekreasi pendidikan berikutnya sangat cocok dikunjungi bersama dengan anak-anak. Kidzania ini berada di Pacific Place Mall, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 11:00 sampai 17:00 WIB. Harga Tiket Masuk ke kidzania mulai dari Rp. 165.000 sampai dengan Rp 210.000.

Kidzania menghadirkan kota mini yang mana di dalamnya anak-anak dapat bermain peran. Pengunjung anak-anak dapat bermain peran dengan mencoba profesi yang mereka inginkan seperti pemadam kebakaran, pilot, dokter, kasir, dan lain sebagainya. Bermain peran ini dapat membantu anak-anak untuk menemukan minat profesi atau cita-cita mereka.

 

Taman Mini Indonesia, Jakarta

Anda dapat mendapatkan pengalaman seakan-akan keliling Indonesia hanya dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Taman Mini Indonesia ini terletak di Jalan Raya Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur. TMII ini dapat Anda kunjungi mulai pukul 08:00 sampai dengan 16:00 WIB setiap hari. Untuk tiket masuknya dapat Anda beli mulai dari Rp 25.000 saja.

Wisata edukasi ini dapat menambah dan memperluas pengetahuan umum pengunjung tentang Indonesia. Mengingat konsep utama dari teman wisata ini adalah miniatur dari Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah memang ditujukan untuk merangkum keberagaman Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Berbagai bangunan khas dengan corak khas daerah masing-masing dapat Anda jumpai di sini. Tidak hanya rumah adat, Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki berbagai bangunan keagamaan untuk menggambarkan toleransi dan keselarasan.

Tidak hanya itu, Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki beberapa sarana rekreasi menarik seperti kereta gantung, dan istana anak-anak Indonesia.  Tidak ketinggalan tempat ini juga memiliki berbagai macam taman yang menunjukkan keberagaman flora dan fauna Indonesia.Di TMII Anda juga dapat menjumpai berbagai museum dan Teater. Salah satu teater yang paling terkenal adalah IMAX Keong Mas yang memiliki eksterior khas seperti cangkang keong.

 

Nikmati momen liburan keluarga Anda di masa libur sekolah bersama dengan Naba Transport. Di Naba Transport tersedia berbagai jenis mobil yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan wisata keluarga Anda. Anda dapat mengunjungi tempat wisata edukasi dengan opsi layanan harian mulai dari 6 jam, 12 jam, full day (per 00:01-23:59), hingga 24 jam. Informasi lebih lanjut mengenai penyewaan, segera hubungi Customer Service Naba Transport, sekarang juga.

 

Call Us

WhatsApp / Call

Follow Us

Share This :